Saturday, February 11, 2017

TERUMBU KARANG DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT PESISIR PANTAI MOILONG


Assalamu'alaikum, Wr, Wb...

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Segala puji bagi Allah, Al-Malik Al-Haqq, Al-Mubin, yang telah memberikan kita iman dan keyakinan. Ya Allah, limpahkan shalawat pada pemimpin kami Muhammad SAW, Yang menjadi penutup para Nabi dan Rasul, dan begitu pula pada keluarganya, kepada para sahabat – sahabat nya, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat. 

Sebagai sebuah bentuk dari usaha dalam menjawab pertayaan yang dikemukakan oleh kakanda saya idhyl Fitrah Tiro , yang merupakan sebuah usaha dalam hal menjawab problem yang dialami desa Bumi Baru, Kec. Moilong. Bagaimana keadaan desa ini(desa kita) telah mengalami abrasi yang semakin lama mengalami peningkatan secara perlahan. Apalagi dengan adanya kegiatan pengeboman ikan dengan daya ledak yang cukup besar, sehingga terjadinya kerusakan terumbu karang yang berada dipesisir pantai desa Bumi Baru dan sekitarnya. Hal ini akan semakin menambah potensi abrasi dengan cepat. Karna kegunaan dari terumbu karang tidak lagi dapat meminimalisir hempasan ombak.

 

Melalui tulisan singkat ini, saya sebagai penulis serta anak yang lahir dari desa Bumi Baru Kec.Moilong, akan mecoba mengemukakan pendapat dan turut serta dalam hal upaya melindungi alam dan masyarakat didesa tercinta kita.

Saya akan memulai dengan pertanyaan pertama yang dikemukakan kakanda saya Idhyl Fitrah Tiro :

  1.  apa manfaat dari menanam pohon di wilayah pesisir pantai?

Menurut hemat saya, manfaat yang pertama bagi saya adalah untuk memulihkan kembali fungsi dan manfaat ekosistem pesisir pantai sebagai jalur hijau atau sering disebut green belt. Green belt dikenal sebagai ruang terbuka hijau yang mana memiliki tujuan utama untuk membatasi penggunaan lahan. Hal ini juga dapat bermanfaat besar bukan hanya pada dalam mejaga garis pantai bahkan juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat pesisir pantai. Contohnya, andai kata pohon-pohon yang dipesisir pantai bisa ditata sedemikian rupa, bisa jadi objek wisata seperti yang dikatakan oleh kakanda saya juga(@Kamall Hi Makka) pada kolom komentar. Manfaaat yang kedua, adalah untuk menciptakan pesisir pantai yang nyaman dan asri yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakt sekitar, seperti yang saya katakan sebelumnya (objek wisata). Dan manfaat yang terakhir adalah untuk mengajak masyarakat agar memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan wilayah hijau dipesisir pantai yang bersih dan terawat.

 

Kemudian saya akan melanjutkan jawaban saya pada pertanyaan yang ke dua:

2.       Tanaman apa yang paling cocok?(minimal 3)

Menurut saya dari beberapa halaman yang saya baca, ada beberapa pohon yang baik dan cocok ditanam di pesisir pantai. Yaitu :

a.        Cemara laut

b.       Ketapang

c.        Kelapa

d.       Mangrove

Kemudian saya akan menjawab pertanyaan terakhir, yaitu yang ke tiga:

3.       Jika penanaman pohon bermanfaat, brpa lama kita harus menunggu manfaatnya baru bisa dirasakan?

Pertanyaan yang terakhir ini, mudah-mudahhan saya tidak salah memperkirakan. Karna saya hanya manusia biasa. Mungkin kita akan merasakan manfaatnya 5 tahun kedepan. Itupun jika penanaman pohon dapat diawasi dan dijaga. Jika tidak, pohon yang akan kita tanam akan sia-sia.

Mungkin itu saja jawaban singkat dari saya, namun saya juga akan membuat argumen tersindiri dalam hal menyikapi masalah ini dan menambahkan sebuah jawaban. Argumentasi saya ini juga berdasar pada tulisan disebuah halam facebook kakanda saya (@Abdul Cenu) dimana ia mencoba untuk menggambarkan keadaan sebuah kegiatan masyarakat penghuni pesisir pantai. Dimana ada beberapa masyarakat yang dalam kesehariannya melakukan pekerjaan yang dapat merusak ekosistem, yatiu bekerja sebagai penggebom ikan. Dimana mana saya sudah bahasakan diawal tulisan saya, bahwa melakukan penggeboman ikan akan dapat merusak terumbu karang.


 

Menurut hemat saya, yang harus kita lakukan sebagai masyarakat yang ingin mencoba mencegah setidaknya memperlambat abrasi yang terjadi di wilayah kita, yaitu dengan cara menjaga dan melestarikan terumbu karang yang ada. Karna seperti yang kita ketahui bersama bahwa terumbu karang sangat barguna untuk pesisir pantai. Dan memiliki jutaan manfaat. Oleh sebab itulah, kita sebagai masyarakat dan juga para aparat desa haruslah saling bersinergi untuk menjaga, melestarikan dan memanfaatkan terumbu karang. Jika pemerintah setempat dapat mebuat lapangan pekerjaan yang bisa mengalihkan pekerjaan para penggebom ikan, maka setidaknya kita dapat terhindar dari pengrusakan terumbu karang dan ekosistem yang ada. Sehingga masyarakat juga dapat belajar untuk mencintai alam dan juga belajar akan taat pada hukum positif yang ada.

Sekian apa yang bisa sampaikan, jika ada saran dan kritikan, tulislah dihalaman komentar blog saya...

HIDUP RAKYAT...!!!

Wassalam....!!!

 

 

No comments:

Post a Comment

TERUMBU KARANG DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT PESISIR PANTAI MOILONG

Assalamu'alaikum, Wr, Wb... اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقي...